Subscribe:

Pages

Tuesday, February 8, 2011

Cara Membuat Blog di Blogspot


Sesuai dengan judulnya postingan ini berisi  mengenai cara membuat blog, mungkin sudah banyak di posting oleh para blogger, terlebih lagi cara membuat blog di http://blogger.com. Postingan ini hanya mereview saja dan mungkin akan dibutuhkan untuk calon-calon blogger baru. Berikut ini cara membuat blog di blogger :

1.     Sebelum membuat blog pastikan bahwa anda memiliki alamat email, terlebih dahulu. Jika belum buatlah dulu, saya sarankan buatlah email di http://gmail.com karena masih sama-sama anak perusahan search enginee google, maka akan memudahkan untuk mendapatkan fasilitas dari google. Memang tidak ada keharusan menggunakan email di gmail dimana pun bisa, hanya lebih mudah saja koneksi blogger dan gmail.

2.     Buka http://blogger.com isi user ID dengan alamat email anda di gmail, dan password sama dengan password di email, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini :


Jika anda menggunakan alamat email selain gmail, maka klik menu start now, perbedaanya hanya pada email addres dan your name saja. Jika menggunakan email di gmail maka anda tidak harus mengisi email adress dan tour name, karena blogger akan mendeteksi anda secara otomatis.

Isi display name (nama yang akan muncul pada head bar blog anda), kemudian klik email notification (akitfasi melalui alamat email anda) dan acceptance of terms (menyatakan bahwa anda setuju dengan syarat-syarat yang diajukan oleh pihak blogger) kemudian klik continue.

3.     Pada halaman selanjutnya anda akan diminta untuk mengisikan judul blog (isikan nama blog anda, dapat juga sama dengan display name), kemudian isikan alamat blog (URL) dengan alamat blog yang anda inginkan, nantinya akan menjadi alamat untuk mengakses bog anda. Cek ketersediaan alamat tersebut, jika tidak tersedia maka blogger akan menyiapkan alternatif alamat lainnya.


Setelah mengisikan alamat blog anda dan setelah di cek ketersedian dan alamat tersedia, klik lanjutan.

4.     Langkah selanjutnya anda dapat memilih template awal untuk blog anda, template ini dapat diubah jadi untuk sementara dapat dipilih sembarang. Klik lanjutkan


5.     Blog anda sudah jadi, nah mulai saat ini anda sudah memiliki blog. Anda dapat memposting apa saja sesuai dengan tema blog anda.

Selamat ya, sekarang anda sudah memiliki blog. Di postingan selanjutnya akan saya sempatkan untuk membahas menu dashboar dan pengaturan untuk blog anda, untuk sementara anda dapat mencoba-coba dan eksplorasi blog. Welcome to blogger mania ..

0 komentar:

Post a Comment