Subscribe:

Pages

Saturday, September 10, 2011

Menghitung Bunga Deposito Mandiri

Pengalaman saya menabung sudah saya ceritakan di postingan sebelumnya, baca juga “Siapa Bilang Nabung di Bank Bikin Kaya ?” akhirnya saya memutuskan untuk tetap menyimpan uang di tabungan biasa dengan saldo minimal yang di endapkan dengan berharap saldo balance dengan administrasi, dan bulan-bulan berikutnya saya akan top up untuk menambah bunga dan persiapan kalau ada kebutuhan mendadak (sambil menahan nafsu yang mengebu-gebu dan ngiler liat gadget dan smart phone yang betaburan dipasaran, sabar sabar .. hehe). Sebagian uang yang saya tidak gunakan untuk waktu dekat saya investasikan di DEPOSITO.

Sempet ngiler ngeliat di papan informasi yang ada di Bank Mandiri bunga deposito sebesar 5,75% (rata-rata bank meberikan bunga deposito sekitar 5%). Duh kalo ada duit Rp 10juta berarti bunganya Rp 575rb doonkss, eitss usut punya usut setelah di cross cek ternyata salah hitung, yang benar menurut costumer servicenya seperi ini :

Rumus untuk perhitungan bunga adalah

= [(nominal) x (suku bunga yg berlaku per tahun) x (lamanya mengendap)] / 365 hari.

Melalui ilustrasi mengenai perhitungan bunga deposito dapat dijelaskan sbb: Tanggal penempatan = 01 Februari 2011 Nominal deposito = Rp20.000.000,00 Suku bunga yang berlaku = 5,75% per tahun (suku bunga yang berlaku saat itu) Jangka waktu penempatan = 1 bulan Pajak atas bunga = 20%, jika total saldo (1 nomor nasabah) dengan jumlah sama atau lebih dari Rp7.500.000,00

Nominal bunga yang diterima pada bulan Maret 2011, jumlah hari yang mengendap selama 29 hari, sebesar: · Sebelum pajak = Rp 91.369,86 · Setelah pajak = Rp 73.095,89

Untuk saat ini suku bunga yang berlaku waktu saya buka DEPOSITO adalah 5,25%, maka nominal bunga yang diterima pada bulan April 2011, jumlah hari yang mengendap selama 31 hari, sebesar: · Sebelum pajak = Rp 84.000,00 · Setelah pajak = Rp 67.200,00

“He he .. jadi salah hitung donksss”, kata mba-nya “iya mas” (sambil senyum-senyum) akhirnya pulang deh mending jaga lilin aja biar cepet kaya cukup modal lilin doang. He he, sekalipun demikian deposito masih cukup baik untuk menyimpan uang ketimbang menabung di BANK yang tiap bulannya habis di potong administrasi. Apalagi nabungnya di bawah bantal, bisa-bisa kena ileerr belum lagi kalo banjir .. hanyut deh tuh duit he he. Saat mebuka deposito yang perlu diperhatikan adalah jumlah hari per bulan, serta naik turunnya suku bunga. Semoga bermanfaat.

4 komentar:

iphe said...

makanya investnya d gw aja ndra...jd nasabah gw hhehehe

Hendra Widjayakusuma Blog's said...

he he .. boleh koq kalo mau promosi gratis :)

wahyu js aww said...

eh perzis spt yg kukira,perbulan dpt 5rtus ribuan,eh ternyata. .wkwkwkwk


kim hanny said...

wkwkwkwk,,,,,

kalo situ jaga lilin, saya jaga obor aja dah,,, :)

Post a Comment