Subscribe:

Pages

Sunday, May 15, 2011

Tentang Android dan Smart Phone

 
Sudah cukup lama tidak posting :P, kali ini saya akan mencoba mereview tentang ANDROID. Mungkin sebagian kecil rekan semua sudah ada yang tau tentang ANDROID, untuk sebagian besar yang belum tau apa itu ANDROID berikut ini penjelasanya.

Android adalah sistem operasi yang digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS.

Android pertama kali dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc., dan pada tahun 2005 di akuisisi oleh raksasa Internet Google. Android dibuat dengan basis kernel Linux yang telah dimodifikasi, dan untuk setiap release-nya diberi kode nama berdasarkan nama hidangan makanan.

Kemudian Android dikembangkan oleh Google bersama perusahaan-perusahaan lain yang tergabung ke dalam Open Handset  Alliance sejak tahun 2007. Termasuk di dalam aliansi ini adalah nama-nama perusahaan hardware populer di kalangan pengguna komputer karena bersifat open source. Seperti juga Linux yang bersifat terbuka.

Bersifat Terbuka (open source)  selalu sama dengan gratis (freeware). Bersifat terbuka artinya sistem ini dapat dan boleh diubah, ditambah, dimodifikasi isinya. Kebetulan saja Android bersifat open source sekaligus gratis, sehingga boleh disebarkan secara gratis. Bagaimana dengan aplikasi yang berjalan di bawah sistem Android? Ternyata  juga banyak yang tidak open source dan tidak freeware.

Keunggulan utama Android adalah gratis dan open source, yang membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan Blackberry atau iPhone meski fitur (hardware) yang ditawarkan Android lebih baik.

Di sini banyak yang salah mengerti karena Androidnya gratis, sering diartikan aplikasi yang ada di dalamnya pun selalu gratis. Akan tetapi bukan berarti tidak ada aplikasi yang gratis :P di postingan berikutnya akan diulas tentang ANDROID MARKET yang serba free alias gratisan.
 
Android tidak terikat ke satu merek Handphone saja, beberapa vendor terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung, Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain. Bahkan Black Berry dengan RIMnya sedang bersiap meluncurkan versi android yang disematkan pada tablet PC pada pertengahan kuartal tahun 2011.

Beberapa fitur utama dari Android antara lain WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, accelerometers, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE, and WiMAX) dan juga kemampuan dasar handphone pada umumnya.

Tahun ini diperkirakan akan semakin banyak lagi berbagai merek ponsel,tablet PC, notebook yang menggunakan sistem Android. Bahkan beberapa industri sudah merancang perangkat-perangkat yang memakai sistem Android ini, misalnya kamera digital, GPS, sound system untuk mobil, perangkat multimedia dirumah,dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat :P

0 komentar:

Post a Comment